Feeds:
Pos
Komentar

Archive for Februari, 2008

All the Photography are NOT by me … They’re all belong to Natalie Norton (natalienortonphoto.com)

Dari berbagai tips yang selama ini gua sering baca, ini tips yang paling oke banget.. jadi dengan senang hati gua menuliskan kembali (dengan singkat disini). Link lengkapnya ada di sini.

Keren abiesss !! Dan gua belum dapet moment & model untuk mewujudkannya nih … i hope it will in very soon !!

Intisarinya adalah sebagai berikut :

Seringkali orang kalo mau difoto bagaimanapun juga akan ngrasa anxious di depan kamera, grogi, akibatnya sering kali jadi ga natural hasil fotonya. Nah tips-tips yang ditulis oleh Natalie Norton adalah sebagai berikut :

1. Tangan harus dikasih kerjaan

Kalo model kita dikasih sesuatu untuk megang, biasanya ‘kegelisahan & kegrogian’ dia akan terkurangi karena ada kesibukan buat tangan dia (yang sering bingung.. tangan gua mau gimana ya??). Contohnya adalah gambar mempelai perempuan ini.

2. Minta Subyek kita untuk Duduk

Kalau orang duduk, orang cenderung jadi rileks (they will 9 times out of 10 loose the nervous rigidity) dibanding saat berdiri. Karena rileks, jadilah fotonya lebih casual. Dan kalo kasual ga ada istilah “not photogenic” … gua setuju banget nih pendapat !

3. The Attraction of Distraction

Alihkan perhatian !! Ajak ngobrol, tanya2 tentang segala hal yang berhubungan dengan hidup mereka. Intinya, lakukan apapun untuk mengalihkan perhatian mereka dari dirinya sendiri. Trus, jadinya subyek foto akan ‘menjadi dirinya sendiri’.. rileks, ketawa..hal yang spontan dan cakep kalo kerekam.

4. Menghargai dan Memahami

The idea is subyek foto kita butuh untuk dimengerti, dihargai dan dipahami. Jika mereka ga nyaman, coba untuk mencari/menciptakan privacy untuk mem-foto sebanyak mungkin. Kalo kita (tukang foto) punya ide dan ternyata subyek ga suka.. ya udah segera tinggalkan dan cari ide lain.Jika subyek merasa dipahami dan dihargai, itu adalah langkah awal untuk menciptakan suasana dimana mereka terbebas dari rasa ga nyaman (awkward little box ) dan kita jadi bisa ‘nangkap’ mereka.

Contoh foto ini, adalah anak Natalie yang tiap kali liat mamanya bawa kamera dan ngedeketin dia, udah pasti dia ngambek … sama Natalie dibiarin aja beberapa saat.. hingga suatu waktu .. anak ini mendatanginya dan bilang mau difoto..dengan gaya pura2 tidur.. lucu.

Read Full Post »